Activity Diagram (UML)

Activity diagram, sesuai dengan namanya diagram ini menggambarkan tentang aktifitas yang terjadi pada sistem. Dari pertama sampai akhir, diagram ini menunjukkan langkah – langkah dalam proses kerja sistem yang kita buat. Sebagai contoh, langkah – langkah memasak air. Tetapi kita akan menjelaskannya dengan bentuk grafik.  Struktur diagram ini juga mirip dengan flowchart.

Fungsi Activity Diagram

  • Menggambarkan  proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
  • Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada sistem
  • Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram

Element - Element Pada Activity Diagram

komponen activity diagram

Berikut adalah contoh activity diagram yang simple

activity_process_order
Pada kasus diatas, pertama - tama pegawai menerima pesanan, lalu pegawai bisa langsung mengisi pesanan (fill order) dan mengirimkan tagihan (send invoice) saat pegawai mengisi pesanan, pelanggan bisa memilih prioritas pesanan. Jika iya maka akan masuk ke overnight delivery tetapi jika tidak akan masuk ke regular delivery.Setelah semua selesai maka pesanan akan ditutup dan pelanggan bisa menunggu pesanannya(Close Order). Decision digunakan untuk aktifitas conditional seperti ya atau tidak.

Contoh Activity Diagram Menggunakan Swim Lanes

activity_swim_lanes 
jika kita menggunakan swim lines, activity diagram akan dibagi menjadi baris dan kolom sesuai dengan tanggung jawab objek - objek yang melakukan aktifitas.

Comments

Popular posts from this blog

Statechart Diagram (State Diagram)

Flow of Event

Class Diagram