Communication Diagram (Iteraction Diagram)


Communication diagram menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek. Setiap message memiliki sequence number, dimana message dari level tertinggi memiliki Nomor 1. Diagram membawa informasi yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pada kegiatan obyek dari waktu pesan itu dikirimkan.

Communication Diagram, seperti Sequence Diagram, pada dasarnya memberikan pandangan tentang aspek dinamis dari sebuah sistem berorientasi objek. Mereka dapat menunjukkan bagaimana anggota satu set objek bekerja sama untuk menerapkan use case atau skenario use case. Mereka juga dapat digunakan untuk memodelkan semua interaksi di antara seperangkat benda berkolaborasi, dengan kata lain, sebuah kolaborasi. Dalam kasus ini, Communication Diagram dapat menggambarkan bagaimana bergantung pada objek yang berbeda satu sama lain. Communication Diagram pada dasarnya adalah diagram objek yang menunjukkan hubungan lewat pesan alih-alih asosiasi agregasi atau generalisasi. Communication Diagram sangat berguna untuk menunjukkan pola proses (yaitu, pola aktivitas yang terjadi pada serangkaian kelas berkolaborasi). 

Communication Diagram setara dengan Sequence Diagram, namun mereka menekankan aliran pesan melalui sekumpulan objek, sedangkan Sequence Diagram berfokus pada waktu pemesanan pesan yang dilewati. Oleh karena itu, untuk memahami aliran kontrol atas serangkaian objek yang berkolaborasi atau untuk memahami objek mana yang berkolaborasi untuk mendukung proses bisnis, Communication Diagram dapat digunakan. Untuk pemesanan pesan, Sequence Diagram harus digunakan. Dalam beberapa kasus, keduanya bisa digunakan untuk lebih memahami aktivitas dinamis sistem.










Comments

Popular posts from this blog

Statechart Diagram (State Diagram)

Flow of Event

Class Diagram